Butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah. Kebutuhan akan dana mendadak memang tidak ada yang tahu kapan akan dibutuhkan. Beberapa pilihan menjadi pertimbangan saat anda membutuhkan dana cepat. Mulai dari meminjam dari keluarga, meminjam dari kreditur, meminjam dari bank, atau cara terakhir yang paling sering dilakukan menggadaikan barang berharga. Barang berharga seperti kendaraan bermotor, alat elektronik, perhiasan, dan rumah yang memiliki nilai jual dapat digadaikan menjadi uang tunai. Gadai sertifikat rumah menjadi pilihan yang paling sering dilakukan, karena tergolong aman dan bunga yang harus dibayarkan tidak terlalu besar. Seringkali saat butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah, anda bingung apa saja yang harus dilakukan.

Langkah pertama adalah persiapkan persyaratan yang diperlukan seperti jaminan tanah dan bangunan yang bersertifikat, lalu persiapkan juga persyaratan umum seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, surat nikah, keterangan domisili, dan dokumen tanah dan bangunan yang terdiri dari fotokopi sertifikat SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan) atau SHM (Sertifikat Hak Milik), fotokopi akta jual beli (AJB) terakhir, fotokopi izin mendirikan bangunan (IMB), dan fotokopi PBB 3 tahun terakhir.

Menggadaikan sertifikat rumah anda harus mempertimbangkan beberapa resiko, suku bunga yang mungkin diatas 10%, penahanan sertifikat rumah selama tenggat waktu yang ditentukan, dan kemungkinan rumah akan disita apabila anda tidak dapat membayar pinjaman beserta bunganya. Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menggadaikan sertifikat rumah alangkah baiknya menyimak tips berikut ini.

Pastikan Lembaga keuangan terdaftar OJK

Agar transaksi berjalan lancar dan aman, sebelum menggadaikan sertifikat rumah pastikan Lembaga keuangan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Seperti halnya pinjaman tunaiku yang telah terdaftar di OJK dan melakukan perjanjian kredit dihadapan notaris.

Pastikan diri anda mampu membayar pinjaman ketika butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, kenapa? Memang anda butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah, namun anda harus berkaca kembali dengan diri anda sendiri, apakah dalam tenggat waktu yang ditentukan dapat membayarkan pokok pinjaman beserta dengan bunganya? Tetapkan komitmen pada diri sendiri agar anda dapat mengumpulkan uang untuk membayarkan pinjamannya.

Lengkapi syarat yang dibutuhkan ketika butuh dana cepat jaminan sertifikat rumah

Permintaan peminjaman anda bisa saja ditolak, apabila syarat yang dibutuhkan belum tervalidasi. Beberapa syarat dan ketentuan diatas sangat wajib untuk dipastikan lengkap dan sesuai dengan nama peminjam, agar Lembaga memberi pinjaman dapat memberikan pinjaman yang terjamin. Sertifikat rumah haruslah dalam nama anda atau pasangan yang berada dalam satu kartu keluarga.

Itulah beberapa tips yang dapat diterapkan saat anda membutuhkan pinjaman dengan proses cepat. Beberapa Lembaga yang menyediakan jasa gadai sertifikat rumah adalah bank, pegadaian, dan beberapa Lembaga penyedia kredit lainnya. Salah satunya dapat anda lakukan di website Pinjaman tunaiku (pinjamantunaiku.com).