Gadai sertifikat rumah di bank BNI umumnya akan dilakukan seseorang. Agar nantinya bisa mendapatkan pinjaman dengan jaminan di BNI sebagai pilihan dan jalan terakhirnya. Namun, sebelum Anda akan memutuskan untuk menggadaikan sertifikat rumah tersebut. Jangan selalu terburu-buru untuk melakukannya. Ada beberapa hal yang wajib untuk diperhatikan terlebih dahulu :

Lokasi Rumah yang Menentukan Faktor Persetujuan

Bukan merupakan sebuah rahasia lagi bila menggadaikan sertifikat rumah ini bisa menjadi jaminan dengan daya jual yang sangat tinggi untuk bisa mendapatkan pinjaman sejumlah uang. Namun pada kenyataannya tidak semua rumah bisa untuk dijadikan jaminan. Pihak bank bisa saja akan menolak gadai sertifikat rumah di bank BNI karena faktor lokasi dari rumah yang akan dijaminkan tersebut.

 Penolakan ini umumnya akan diakibatkan oleh beberapa faktor, misalnya lokasi rumah yang berada di kawasan banjir, dekat dengan area pemakaman, berada di dalam gang yang sempit sampai bangunan yang sudah tua. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pinjaman dengan menggunakan sertifikat rumah, pastikan terlebih dahulu lokasi rumah strategis atau tidak dan cari tahu prosedur pinjaman dengan jaminan sertifikat. Jika tidak bisa masuk ke dalam kategori yang ada di atas, kemungkinan besar pengajuan pinjaman Anda akan ditolak mentah -mentah.

Pilih Bank dan Lembaga Pinjaman Terpercaya

Jika Anda memang berniat untuk gadai sertifikat rumah di bank. Maka perhatikan juga lembaga yang nantinya akan Anda pilih. Berhati-hatilah setiap Anda akan mencari tempat gadai. Karena saat ini ada banyak sekali bank maupun lembaga pembiayaan yang menerima jaminan sertifikat rumah. Tetapi juga tidak bisa dipercaya dan justru menimbulkan kerugian untuk Anda.

Agar lebih aman, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu bank beserta lembaga mana saja yang sekiranya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab untuk zaman sekarang ada banyak sekali kasus penipuan yang mengatasnamakan gadai sertifikat rumah.

Oleh sebab itu, pastikan memilih Bank maupun lembaga yang sudah memiliki reputasi yang baik dan juga kompeten. Dengan demikian, Anda tidak harus khawatir lagi bila nantinya ditipu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Perhatikan dengan Baik Persyaratan yang Harus Dipersiapkan

Selain dari lokasi rumah dan juga pemilihan Bank, Anda juga harus perhatikan syarat apa saja yang nantinya harus disiapkan. Pada umumnya persyaratan ini harus Anda penuhi sebelum mengajukan gadai sertifikat rumah di bank BNI yang mana sertifikat tersebut harus dengan nama pemohon sendiri. Memiliki penghasilan yang lebih dari 4 juta rupiah pada setiap bulannya, berusia di atas 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Seorang WNI yang berprofesi sebagai seorang karyawan, pengusaha maupun seorang profesional.