Kredit multiguna jaminan SHGB Tangerang adalah salah satu produk perbankkan yang memberikan fasilitas pinjaman, di mana peminjam harus menyertakan agunan atau jaminan. Umumnya, nilai jaminan harus setara atau lebih besar dari kredit yang akan diajukan. Akan tetapi tidak semua harta atau benda dapat dijadikan jaminan. Pihak bank atau lembaga keuangan biasanya memberikan beberapa pilihan jaminan yang bisa anda gunakan untuk kredit multiguna.

Penjelasan Bentuk Kredit Multiguna Jaminan SHGB Tangerang

Berikut bentuk-bentuk jaminan KMG :

1. Sertifikat tanah

Salah satu bentuk pengajuan kredit multiguna adalah sertifikat tanah. Karena seperti yang sudah kita ketahui, tanah adalah aset atau harta tidak bergerak dengan nilai jual yang tinggi. Maka tidak sedikit yang menjadikan tanah sebagai aset untuk investasi. Dan, untuk tanah yang bisa digunakan sebagai agunak kredit multiguna adalah tanah yang memiliki sertifikat hak milik. Hal ini bertujuan agar dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

2. Sertifikat rumah atau bangunan

Selain tanah, anda bisa juga menggunakan sertifikat rumah atau bangunan sebagai jaminan, seperti rumah tinggal, hotel, gedung kantor, rumah susun, pabrik, dan bangunan lain yang bernilai tinggi. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi yaitu rumah atau bangunan yang diajukan tersebut sudah dilengkapi dokumen-dokumen yang memiliki kekuatan hukum, seperti surat izin mendirikan bangunan, dan keterangan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan.

3. Kendaraan bermotor

Motor adalah aset umum yang hampir dimiliki seluruh masyarakat, sehingga banyak yang beranggapan bahwa motor bukanlah barang yang bernilai besar. Padahal, mengajukan kendaraan bermotor juga bisa sebagai agunan kredit multiguna. Asal kendaraan yang anda ajukan tersebut telah lengkap dengan Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB).

4. Mesin pabrik

Selanjutnya aset yang bisa anda ajukan untuk kredit multiguna adalah mesin pabrik yang masih layak guna dan punya nilai yang sesuai dengan kondisi umur mesin tersebut. Jadi, sebelum anda mengajukan pinjaman maka anda harus memastikan terlebih dahulu kondisi mesin pabrik apakah masih dalam keadaan baik dan dapat digunakan atau tidak.

5. Kapal laut atau pesawat terbang

Pesawat terbang atau kapal laut memungkinkan juga untuk dijadikan jaminan KMG, namun dengan syarat memiliki ukuran diameter di atas 20 meter kubik dan terikat hipotek. Sekedar informasi, hipotek adalah kredit yang diberikan sebagai dasar jaminan berupa benda berharga tidak bergerak.

Jangka waktu perpanjangan HGB : 30 X 1 %

Hasil penjumlahan di atas kemudian dikalikan dengan NPT (Nilai Perolahan Tanah) yang telah dikurangi sebelumnya dengan NPTTTKUP (Nilai Perolahan Tanah Tidak Kena Uang Pemasukan) dan dikalikan 50%.

Keterangan:

Nominal 30 merupakan maksimal jangka waktu HGB sebelum diperpanjang yaitu 30 tahun Nilai NPT dan NPTTTKUP bisa dilihat dalam SPT PBB tanah SHGB

Contoh:

Jangka waktu perpanjangan HGB yang diberikan adalah 20 tahun, dengan nilai NPT – NPTTTKUP tanah dengan luas 250 m2 adalah Rp400.000.000. Maka biaya perpanjangan yang dibutuhkan yaitu:

20⁄30 x 1% = 0,0067

0,0067 x Rp400.000.000 x 50% = Rp1.340.000

Jadi, biaya yang diperlukan untuk perpanjangan SHGB sebesar Rp1.340.000

Perhitungan biaya SHGB ke SHM

Jika Anda ingin meningkatkan kepemilikan ke SHM. maka Anda memerlukan biaya SHGB ke SHM. Perhitungannya sebagai berikut: 2% x (NJOP tanah – Rp60 juta)

Contoh:

Tanah dengan luas 120 meter persegi memiliki NJOP sebesar Rp1.000.000 per meter persegi. Maka biaya yang harus dikeluarkan sebesar:

2% x (1.000.000 x100 – 60.000.000) 2% x (100.000.000 – 60.000.000) 2% x 40.000.000 = 800.000

Maka, biaya SHGB ke SHM yang diperlukan sebesar Rp800.000

Bagi anda yang memiliki budget terbatas dan menginginkan investasi jangka menengah, maka Sertifikat ini akan memberikan banyak keuntungan. Pembelian bangunan SHGB lebih murah dibanding haru membeli SHM. Lahan dengan Hak Guna Bangunan juga cocok bagi anda yang ingin membuka perusahaan atau bisnis.

Dan untuk anda yang sedang mencari bantuan dana yang cepat dan tepat, maka Pinjamantunaiku.com akan membantu anda dalam mengatasi persoalan keuangan. Khususnya untuk anda yang sedang membutuhkan pinjaman Kredit Multiguna Jaminan SHGB Tangerang dengan jumlah besar tanpa perlu khawatir akan kelegalitasan perusahaan.