Pegadaian BPKB mobil Ada banyak cara untuk memperoleh pinjaman secara legal. Proses pengajuan pinjaman di Pegadaian relatif cepat dibanding bank. Begitupun dengan persyaratan yang terbilang sederhana. Tak mengherankan, banyak yang menggadaikan BPKB mobil maupun motor ketika butuh dana mendesak.

Sebagai perusahaan non-bank milik pemerintah, Pegadaian telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) sehingga terjamin keamanannya. Pegadaian juga menawarkan pilihan produk BPKB yang cukup beragam untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut ini serba-serti gadai BPKB mobil di Pegadaian yang perlu Anda ketahui.

Syarat Gadai BPKB Mobil di Pegadaian Beserta Caranya

Menggadaikan BPKB mobil atau motor di Pegadaian terbilang mudah, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • WNI yang cakap hukum dengan usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Sedang atau sudah bekerja minimal 1 tahun.
  • Mempersiapkan dokumen seperti KK, BPKB yang akan digadaikan, STNK, dan KTP asli.
  • Usia mobil maksimal 20 tahun.

Selain persyaratan yang sederhana, cara gadai BPKB mobil di Pegadaian juga simple. Anda hanya perlu datang ke kantor Pegadaian terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan. Setelah itu, Anda akan diminta mengisi formulir pengajuan pinjaman. Pada tahap ini, petugas Pegadaian akan memeriksa kelengkapan persyaratan dan melakukan validasi data.

Petugas juga akan menginformasikan hal-hal penting terkait pinjaman Anda, salah satunya plafon pinjaman yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda setuju dengan plafon tersebut, maka pihak Pegadaian akan mengurus proses permohonan pinjaman yang Anda ajukan dengan membuat Surat Bukti Kredit (SBK).

Pada tahap akhir, petugas akan menjelaskan batas jatuh tempo kredit dan waktu pelelangan jaminan jika Anda tidak dapat melunasi pinjaman sesuai batas waktu yang telah ditentukan. Sebelum mengajukan pinjaman,

Pilihan Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Mungkin Anda bertanya-tanya gadai BPKB mobil dapat berapa? Meskipun nilai pinjamannya tidak sebesar jika menggunakan agunan properti, tapi Anda bisa mengajukan hingga Rp 200 juta. Besar kecilnya nilai pinjaman ini tergantung jenis pinjaman yang Anda pilih. Berikut ini jenis pinjaman dengan agunan BPKB di Pegadaian.

  1. Kredit Cepat Aman (KCA)

Kredit Cepat Aman atau KCA memberikan pinjaman mulai dari Rp 50 ribu – Rp 500 juta yang bisa Anda terima secara tunai ataupun transfer ke rekening Anda. Jangka waktu pelunasan yang diberikan untuk Kredit Cepat Aman adalah empat bulan. Jika Anda belum bisa melunasinya selama batas waktu yang ditentukan, Anda dapat memperpanjangnya berkali-kali dengan membayar biaya administrasi untuk perpanjangan jangka waktu pelunasan.

  1. Rahn

Pegadaian BPKB mobil memiliki produk pinjaman syariah, yakni Rahn. Selain menggunakan BPK mobil dan motor sebagai agunan, Anda bisa menggunakan jaminan berupa barang elektronik ataupun emas untuk mengajukan pinjaman Rahn. Besarnya jumlah pinjaman yang ditawarkan pada produk ini sama seperti KCA, yakni Rp 50 ribu – Rp 500 ribu dengan jgnka waktu pelunasan 4 bulan. Setelah melengkapi semua persyaratan dan menandatangani Surat Bukti Rahn, dana pinjaman Anda akan langsung cair.

  1. Kreasi

Bagi Anda yang ingin Gadai BPKB mobil di Bogor dengan pinjaman mencapai Rp 200 juta, produk Kreasi adalah pilihan pas. Anda dapat mengajukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis melaui Kreasi dengan melengkapi persyaratan seperti KTP, BPKB, STNK, KK, dan faktur pembelian. Namun, untuk bisa mengajukan pinjaman ini, usaha tersebut minimal sudah berjalan satu tahun.

Besarnya pinjaman yang bisa diperoleh lewat Kreasi adalah Rp 1 juta – Rp 200 juta dengan tenor 12, 18, 24, hingga 36 bulan. Perlu dipahami bahwa tarif sewa modal yang dibebankan oleh Pegadaian tidaklah sama, mulai dari 1, 5 persen hingga 1,15 persen. Agar lebih paham, sebaiknya Anda lihat tabel angsuran gadai BPKB mobil terlebih dahulu.

  1. Arrum

Terakhir, ada jenis pinjaman Arrum yang menerapkan sistem prinsip syariah. Artinya, semua proses pinjaman dilakukan sesuai fatwa DSN-MUI. Nominal pinjaman yang bisa Anda dapatkan dengan menggadaikan BPKB mobil adalah Rp 1 juta – Rp 200 juta dengan jangka waktu pinjaman 12, 18, 24, dan 36 bulan. Untuk mengajukan pinjaman Arrum, usaha yang Anda geluti harus sudah berjalan minimal satu tahun.

Keunggulan Gadai BPKB Mobil di Pegadaian

Ada sejumlah alasan mengapa menggadaikan BPKB mobil di Pegadaian jadi solusi praktis untuk mendapatkan dana secara legal. Salah satunya, kendaraan Anda tidak akan ditahan. Jadi, masih bisa digunakan untuk mobilitas sehari-hari. Selain itu, ada sejumlah keuntungan mengajukan pinjaman dengan agunan BPKB, di antaranya adalah:

  1. Syarat Mudah dan Proses Cepat

Tak bisa dipungkiri bahwa gadai BPKB mobil di Depok lewat Pegadaian memiliki persyaratan yang mudah. Cukup dengan membawa BPKB, STNK, KK, dan KTP, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman. Lain halnya jika Anda mengajukan pinjaman di bank, di mana harus ada slip gaji, membawa rekening buku tabungan, hingga kartu kredit. Selain itu, proses pencairannya pun terbilang mudah karena waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 15 menit.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa Pegadaian hanya menerima agunan BPKB mobil atas nama pribadi dengan STNK yang masih aktif. Jika pajak kendaraan Anda mati, maka Anda perlu mengurusnya terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman di Pegadaian.

  1. Tenor Dapat Diperpanjang dan Plafon Tinggi

Pinjaman dengan agunan BPKB motor di Pegadaian punya plafon yang tinggi, mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 juta. Selain itu, tenor cicilannya tidak seperti bank yang memberikan batas maksimum. Masing-masing jenis pinjaman menawarkan tenor yang dapat diperpanjang. Jadi, Anda tak perlu khawatir dengan kemungkinan take over BPKB mobil gara-gara tidak sanggup membayar cicilan.

  1. Tak Perlu Buka Rekening Bank Baru

Sudah jadi rahasia umum jika syarat gadai BPKB mobil di Tangerang sangatlah mudah. Anda hanya perlu membawa dokumen tanpa harus membuka rekening bank baru. Berbeda dengan mengajukan pinjaman di lembaga keuangan seperti bank yang mewajibkan Anda membuka rekening baru untuk mencairkan dana pinjaman.

  1. Terjamin Keamanannya

Banyaknya lembaga pembiayaan yang menerima gadai BPKB mobil jadi warning bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman. Faktanya, sejumlah lembaga pembiayaan belum mengantongi izin pemerintah, sehingga risiko mengalami penipuan pun kian besar. Namun, dengan menggadaikan BPKB di Pegadaian, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman secara legal dan aman karena Pegadaian diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan milik pemerintah ini telah berpengalaman selama bertahun-tahun. Data nasabah terbukti aman dan Anda tak perlu khawatir kehilangan aset karena penipuan.

Dibalik keuntungan yang ada, gadai BPKB mobil di Bekasi juga punya beberapa kekurangan. Salah satu kekurangan Pegadaian BPKB mobil adalah nominal kredit yang cukup terbatas dan usia kendaraan yang dibatasi.