Gadai BPKB mobil menjadi salah satu cara untuk mendapatkan dana tunai secara cepat. Cara kerjanya pinjamannya juga sangat sederhana karena hanya menyerahkan sebuah agunan atau jaminan berupa dokumen asli kepemilikan mobil atau BPKB. Lalu, bagaimana cara gadai BPKB mobil resmi? Yuk, cari tahu melalui simak penjelasan dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu BPKB?

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami pengertiannya terlebih dahulu. Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor atau BPKP adalah surat tanda bukti kepemilikan yang sah atas sebuah kendaraan motor maupun mobil yang dikeluarkan oleh SATLANTAS POLRI.

Saat membeli kendaraan baru ataupun bekas, Anda akan diberikan surat-surat bukti kepemilikan dan pajak kendaraan, meliputi BPKB, STNK, dan faktur pembelian. Dalam BPKB, umumnya mencantumkan identitas, baik pemilik sah maupun kendaraan, riwayat kepemilikan, hingga data fisik mengenai kendaraan yang bersangkutan.

Jika ingin mengurus perpanjangan pajak lima tahunan, tentunya BPKB menjadi salah satu dokumen resmi wajib yang harus disertakan bersama dengan STNK dan identitas pemilik asli (e-KTP). Tanpa adanya surat resmi tersebut, kendaraan bisa dikategorikan bodong atau tidak terdaftar tanpa legalitas.

Hal ini bisa menyebabkan masalah yang berujung dikenakan sanksi oleh polisi. BPKB juga bisa menjadi sebuah jaminan oleh bank ataupun Pegadaian. Maka dari itu, jangan sampai dokumen penting tersebut hilang guna mencegah disalah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.    

Lalu, Apa Saja yang Harus Diketahui Sebelum Gadai BPKB?

Anda bisa menggadaikan BPKB mobil melalui perusahaan finance ataupun bank. Proses gadai BPKB mobil cepat atau lambatnya tergantung dari pihak jasa. Bagaimana, Anda ingin menggadaikan mobil? Namun, sebelum gadai mobil, tentunya ada beberapa hal yang harus diketahui.

  1. Pastikan Tempat Gadai Sudah Terdaftar di OJK

Mengajukan pinjaman dengan menggadaikan BPKB mobil, tentunya tidak memilih tempat yang asal-asalan. Tujuannya agar tersimpan dengan aman dan menghindari disalah gunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Kini, sudah banyak jasa gadai BPKB mobil yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Namun, carilah tempat terpercaya yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pastikan pula kantornya mudah ditemui, alamatnya jelas, dan prosedur gadainya juga jelas. Dengan demikian, dapat mencegah hal yang tidak diinginkan kemudian hari.

  1. Terdapat Dua Tempat Untuk Gadai BPKB Mobil

Seperti yang sudah disampaikan, pinjaman tunai BPKB mobil bisa dilakukan pada dua tempat, yakni bank dan perusahaan finance. Keduanya sama-sama bisa diandalkan, tetapi ada sedikit perbedaan antara bank dan perusahaan finance.

Untuk bank, biasanya proses pengajuan membutuhkan waktu yang lebih lama, sekitar 3 – 4 hari karena harus dilakukan pengecekan riwayat perbankan. Lalu, ada pula biaya tambahan yang dipotong dari pinjaman yang telah dicairkan. Bank juga cenderung menerima debitur dari yang berprofesi wiraswasta dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sementara perusahaan finance bisa memproses pengajuan lebih cepat, yaitu sekitar 1 – 2 hari saja. Lalu, tagihan biaya tambahan dipisah dengan pinjaman yang dicairkan. Perusahaan finance juga menerima debitur dari berbagai profesi.

  1. Sistem Gadai BPKB

Pada umumnya, terdapat dua sistem gadai BPKB mobil yang diberlakukan para penyedia pinjaman, yaitu bila debitur menggadaikan mobil yang telah lunas, maka bisa mengajukan pinjaman di tempat gadai BPKB mana saja. Sementara bila menggadaikan mobil yang masih proses kredit, maka pinjaman hanya bisa diajukan di tempat kredit mobil.

  1. Memperhatikan Ketentuan, Denda, dan Sanksi

Sebelum mengajukan gadai BPKB, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu semua ketentuan, seperti hak dan kewajiban debitur maupun kreditur secara lengkap. Sebab, setiap jasa mempunyai kebijakannya masing-masing. Maka dari itu, perlu memahami semua ketentuan yang berlaku. Perhatikan juga besaran bunga hingga masa tenornya.

Rekomendasi Penyedia Pinjaman Gadai BPKB Mobil

Anda bisa menemukan banyak jasa gadai BPKB mobil terdekat dengan lokasi tempat tinggal. Caranya dengan memanfaatkan internet untuk mencari rekomendasinya. Agar Anda tidak kesulitan lagi mencari jasa terpercaya, bisa melihat rekomendasinya di bawah ini.

  1. Pegadaian

Pegadaian termasuk salah satu lembaga terbaik untuk menggadaikan mobil maupun motor. Lembaga ini menawarkan produk pinjaman dengan sistem gadai BPKB yang biasa disebut Kreasi. Produk Kreasi ini memberikan pinjaman untuk pelaku Usaha Kecil (UMKM) yang digunakan untuk mengembangkan usaha.

Besar jumlah pinjaman yang dapat diajukan di bawah Rp 10 juta dengan proses pencairan dana sekitar 3 hari. Meski begitu, ada pula syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman. Beberapa di antaranya.

  1. Calon debitur tidak menerima pembiayaan KUR dari berbagai lembaga keuangan manapun.
  2. Usia mobil maksimal 20 tahun berserta surat-surat kendaraan yang lengkap.
  3. Melengkapi dokumen, seperti Surat Legalitas Usaha (SIUP, SITU, dan Surat Keterangan Usaha), dokumen legalitas kendaraan (BPKB, STNK, faktur pembelian, dan kuitansi), kartu keluarga, dan identitas diri (e-KTP).

 

  1. Adira Finance

Selanjutnya, Anda bisa mengajukan pinjaman dana tunai dengan menggadai BPKB melalui Adira Finance. Adira menawarkan produk jaminan yang bisa didapatkan debitur secara perorangan maupun pelaku usaha. Untuk besaran pinjamannya, mulai dari Rp 10 juta sampai Rp. 2 miliar. Menarik, bukan?

Sementara masa tenor yang bisa dipilih juga cukup lama, sekitar 12 – 48 bulan dengan suku bunga berkisar 0,65 – 1 % per bulannya. Jika kamu sudah mempunyai syarat dan dokumen yang lengkap, maka proses gadai BPKB mobil 1 hari cair sampai 3 hari saja tanpa adanya potongan biaya lain. Berikut syaratnya.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 21 – 55 tahun.
  2. Mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya.
  3. Memiliki rekening Bank Indonesia yang aktif saat mengajukan pinjaman gadai BPKB.
  4. Melengkapi dokumen penting, mulai dari identitas diri (e-KTP), kartu keluarga, NPWP, BPKB, STNK, fotokopi mutasi rekening selama 3 bulan, slip gaji, fotokopi (PBB, rekening listrik, dan bukti kontrak apabila mengontrak rumah), SIUP, TDP, rekening koran 3 bulan terakhir, foto tempat usaha, rumah wajib atas nama sendiri, dan foto kendaraan maupun tempat usaha. Itulah syarat gadai BPKB mobil di leasing. Jangan sampai terlewat, ya!

 

  1. Mandiri Tunas Finance

Anda juga bisa melakukan gadai BPKB mobil di bank, salah satunya Mandiri Tunas Finance. Keunggulan pinjaman Multiguna ini adalah pencairan dana maksimal sampai 90% dari nilai mobil yang akan digadaikan dengan masa tenor maksimal 3 tahun.

Untuk besaran pinjaman dan suku bunga bisa disesuaikan dengan nilai mobil maupun profit finansial calon debitur. Adapun syaratnya, yakni WNI, mempunyai rekening bank Mandiri, batas tahun kendaraan 2012 – 2020, dan menggadaikan BPKB.

  1. BFI Finance

Apakah bisa gadai BPKB mobil tanpa survey? Jawabannya tentu bisa, Anda bisa mengajukannya melalui BFI Finance. Pengajuan pinjaman bisa diproses dengan mudah, cepat, dan terpercaya. Prosesnya hanya sekitar 10 menit dengan mengisi formulir dengan lengkap. Anda bisa mendapatkan dana tunai di hari yang sama setelah mengajukan dana. Untuk syaratnya, yaitu BPKB, STNK, NPWP, e-KTP, slip gaji, dan kartu keluarga.

Bagaimana, Anda sudah paham cara gadai BPKB mobil melalui jasa penyedia pinjaman, bukan? Anda bisa mengajukannya melalui Pegadaian, leasing, bank, hingga gadai BPKB mobil di koperasi sekalipun. Tenang, setiap syaratnya sama dan tidak berbeda jauh. Namun, pastikan sudah diawasi oleh OJK, ya. Selamat mencobanya!