Pengalaman gadai sertifikat rumah merupakan jalan alternatif ketika ingin mendapatkan pinjaman dana besar dalam waktu yang cepat. Di sini akan menjelaskan ada beberapa hal yang harus anda pahami cara gadai sertifikat rumah di pegadaian. Sebelumnya anda harus tau terlebih dahulu apa itu pengertian pegadaian.

Pegadaian adalah lembaga yang dapat memberikan masyarakat pinjaman dana dengan cara menerima barang dari peminjam sebagai jaminan. Berbagai macam barang yang bisa digunakan sebagai jaminan, mulai dari BPKB kendaraan bermotor, alat elektronik, alat pertanian dan lain sebagainya.

Jika anda membutuhkan dana dalam jumlah yang besar, anda juga bisa menjaminkan sertifikat rumah anda, dengan mencari tahu info gadai sertifikat rumah di pegadaian. Untuk keamanan, anda tidak perlu khawatir karena lembaga ini merupakan BUMN yang telah berdiri selama puluhan tahun.

Pengalaman gadai sertifikat rumah ada sejumlah persyaratan yang harus anda penuhi sebelum menggadaikan sertifikat rumah di pegadaian :

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Fotokopi KTP
  3. Fotokopi Kartu Keluarga
  4. Fotokopi Surat Nikah jika sudah menikah
  5. Surat keterangan domisili jika ada
  6. Fotokopi IMB
  7. Fotokopi Pajak Bumi Bangunan ( PBB )
  8. Surat keterangan usaha ( SKU ), serta
  9. Sertifikat rumah asli yang akan disimpan di pegadaian

Namun, selain sembilan syarat di atas, anda juga harus memastikan bahwa sertifikat rumah asli itu adalah milik anda dan bukan milik orang lain. Setelah semua syarat itu diserahkan, petugas pegadaian pun akan menaksir nilai jual rumah anda.

Dan yang terakhir anda juga harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan pegadaian mengenai pinjaman dana, diantaranya adalah :

  1. Calon debitur bisa meminjam dana mulai dari Rp50 ribu sampai Rp 5miliar
  2. Jangka waktu peminjaman dana maksimal 4 bulan
  3. Jangka waktu peminjaman bisa diperpanjang dengan membayar bunga 0,75 persen per hari
  4. Biaya administrasi Rp2ribu sampai Rp125 ribu.

Pengalaman gadai sertifikat rumah, ada beberapa tips agar pengajuan gadai sertifikat rumah di pegadian agar cepat disetujui:

  1. Jumlah pinjaman

Untuk mengadai sertifikat rumah di pegadaian memang menjadi jalan anda untuk mendapat dana dalam jumlah besar. Namun begitu, bukan berarti anda bisa seenaknya mengajukan pinjman dana yang terlalu besar. Anda harus bisa memperkirakan nilai harga rumah anda saat ini.

  1. Sesuaikan angsuran dengan gaji

Besaran jumlah pinjaman anda juga harus disesuaikan dengan kemampuan anda mengangsur pinjaman. Jangan sampai jumlah angsuran malah lebih besar dari jumlah penghasilan anda setiap bulan. Karena pihak pegadaian nantinya akan mengukur kemampuan anda dalam mengembalikan dana berdasarkan jumlah penghasilan anda. Jika pihak pegadaian merasa bahwa anda tidak mampu membayar angsuran, pengajuan pinjaman pasti ditolak.

  1. Jujur

Jujurlah kepada pihak pegadaian mengenai tujuan penggunaan pinjaman dana tersebut, sebagai contoh untuk tambahan modal usaha, membayar utang, dan lain-lain. Kejujuran anda akan menjadi bahan pertimbangan pegadaian untuk menyetujui pengajuan pinjaman dana anda.