BEBERAPA JENIS PINJAMAN KREDIT DI BANK

Jenis pinjaman kredit bank ada beberapa, Untuk mengetahui jenis pinjaman kredit apa yang anda perlukan wajib anda simak. Ketika seseorang membutuhkan dana mendesak tentu meminjam di bank dapat menjadi pilihan tepat. Mengajukan pinjaman kredit di bank menjadi pilihan masyarakat. Karena bank tempat yang aman dan nyaman dalam mengajukan pinjaman.

Mengajukan pinjaman di bank umum yang telah memiliki reputasi dan kredibilitas yang baik tentu memberikan kepercayaan lebih kepada calon debitur.

Berikut ini kami akan membahas beberapa pinjaman kredit di bank yang dilihat dari kegunaan kredit, tujuan kredit, jangka waktu pinjaman dan jaminan.

Berdasarkan Kegunaan Kredit

Pertama kredit berdasarkan kegunaannya itu ada kredit invesatasi, kredit modal kerja dan kredit usaha rakyat (KUR). Kredit investasi ialah kredit yang di pergunakan calon debitur untuk berinvestasi seperti memperluas usaha dengan membangun pabrik baru.

Kredit modal kerja ialah kredit yang di pergunakan calon debitur untuk mendukung pekerjaan yang sedang di jalankan. Seperti penambahan barang baku dan lainnya.

Kredit Usaha Rakyat ialah jenis kredit yang merupakan program pemerintah dalam membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Berdasarkan Tujuan Kredit

Setelah itu jenis pinjaman kredit di bank dapat di bagi berdasarkan tujuan kreditnya. Jenis kredit berdasarkan tujuannya yaitu kredit produktif, kredit konsumtif dan kredit perdagangan.

Kredit produktif ialah kredit yang di berikan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil usaha atau di gunakan untuk menghasilkan profit kepada calon debitur.

Untuk kredit konsumtif ialah kredit  yang di pergunakan untuk kepentingan pribadi dan bersifat konsumtif.

Dan kredit perdagangan ialah kredit yang di gunakan untuk berdagang atau membeli barang dagangan dan pembayarannya berasal dari penjualan barang tersebut.

Berdasarkan Jangka Waktu

Kredit berdasarkan jangka waktunya di bagi 3 yaitu kredit jangka pendek, kredit jangka menengah dan kredit jangka panjang. Kredit jangka pendek ialah kredit yang tenor pembayarannya kurang dari 1 tahun.

Untuk kredit jangka menengah ialah kredit yang pembayarannya antara 1 – 3 tahun.

Dan untuk kredit jangka panjang ialah kredit yang pembayarannya antara 3 – 5 tahun dan dapat di atas itu.

Jangka waktu tenor pinjaman kredit apabila semakin panjang tenor yang di berikan tentu akan semakin kecil pembayaran angsuran per bulan.

Berdasarkan Jaminan

Terakhir ialah kredit berdasarkan jaminan yaitu kredit dengan agunan dan kredit tanpa agunan. Kredit dengan agunan sudah pasti mengajukan pinjaman ke bank wajib dengan jaminan tergantung dari bank tersebut memiliki ketentuan dan persyaratannya.

Jaminan tersebut dapat berbentuk barang berwujud dan juga barang tidak berwujud. Kredit tanpa agunan ialah kredit yang diberikan oleh bank tanpa menyerahkan jaminan apapun dengan kredit ini tentu sangat diminati oleh sebagian masyarakat. Namun bank tentu memiliki proses dan ketentuan dalam memberikan kredit tersebut kepada calon debiturnya.

Gadai Sertifikat Rumah

Info lebih lanjut Hub : 0858 9268 2443 (Tlp/WA)